• jimmyksantosa@gmail.com
  • 0812 9785 9990

Apa dan Manfaat Hipnoterapi

  • 0

Apa dan Manfaat Hipnoterapi

Hipnoterapi bagi anda mungkin istilah baru yang belum terlalu familiar ketika anda mendengarnya. Bagi sebagian orang tertentu mungkin hanya baru mendengar tentang hipnoterapi jakarta, tapi tidak tahu dengan jelas apa itu hipnoterapi.

Dikesempatan ini saya akan menjelaskan tentang hipnoterapi, sehingga semakin memperjelas pemahaman anda dengan hipnoterapi

Ketika kita bicara tentang hipnoterapi, kebanyakan akan dikaitkan dengan hipnotis.

Hipnotis yang dipersepesikan juga biasanya kearah orang yang tidak bisa mengontrol dirinya sendiri dan menurut pada perintah orang yang menghipnotisnya. Kalau kita liat film kartun, matanya bisa semacam ada cahaya yang menghipnotis orang yang dihipnotis, dan orang yang dihipnotis menjalankan instruksi sang penghipnotis dengan tatapan mata kosong. Itu sama sekali TIDAK BENAR!

Apalagi kalau melihat siaran di TV di acara tertentu tampak orang yang dihipnotis mengeluarkan semua kejelakannya, semua borok2 kehidupannya , semua rahasianya tanpa bisa melawan. Sehingga hal ini membuat persepsi bahwa hipnotis bisa digunakan untuk menginterogasi. Itu juga TIDAK BENAR!

Kenyataannya adalah:

Dalam kondisi hipnotis, orang bisa berbohong. Dalam kondisi hipnotis orang bisa tidak menceritakan yang sebenarnya terjadi, jika orang tersebut tidak menginginkannya. Dalam kondisi hipnotis orang masih bisa mengendalikan dirinya sendiri.

Lalu kenapa di TV bukan seperti itu? Karena kebanyakan sebagian besar di TV adalah skenario/adegan yang dibuat. Sama seperti tayangan reality show yang banyak adegannya supaya penonton tertarik melihatnya , yang akhirnya meningkatkan rating acara tersebut, yang akhirnya banyak yang mau iklan di acara tersebut, yang akhirnya ujung-ujungnya stasiun televis mendapatkan pemasukan yang banyak dari iklan tersebut.

Atau ada juga yang mengaitkan hipnotis memakai mistik atau kekuatan tertentu. Sehingga dianggap bahwa hipnotis atau hipnoterapi itu bertentangan dengan agama.  Itu juga fakta yang keliru.

Kenyataaannya adalah:

Hipnoterapi itu adalah bagian dari psikologi. Jika diluar negeri hipnoterapi sudah dianggap sebagai bagian dari psikologi. Di Indonesia, kita sedang dalam proses kesana. Walaupun hipnoterapi sebenarnya juga telah diajarkan sekilas di S1 piskologi dan diajarkan secara mendalam di program S2 psikologi di beberapa universitas di Indonesia.

Kalau anda baca cerita kesaksian atau testimoni tentang hipnoterapi, anda bisa menjumpai banyak kejadian menghebohkan. Dimana ada orang yang selama puluhan tahun tidak bisa konsumsi makanan tertentu, misal udang, setelah terapi bisa makan udang. Ada orang yang tidak percaya diri untuk bergaul dalam lingkungan sosial tiba tiba bisa berubah menjadi orang yang percaya diri. Ada orang yang lumpuh tiba-tiba bisa sembuh dengan hipnoterapi. Dan banyak kisah yang lain.

Mengapa hal itu bisa terjadi?

Karena semua masalah tersebut letaknya ada di emosi dan pikiran.  Anda tahu bahwa tubuh, jiwa dan pikiran itu satu. Jika pikiran kita terlalu berat , maka tubuh akan meresponnya dengan menimbulkan efek2 tertentu di tubuh seperti pundak sakit, leher kaku, maag bahkan sampai lumpuh.

Hipnoterapi sendiri adalah terapi yang menjangkau pikiran bawah sadar, dimana terletak keyakinan kita tentang suatu masalah, terletak juga memori jangka panjang, emosi juga ada di pikiran bawah sadar.

Nah karena letak masalah adalah di pikiran bawah sadar dan hipnoterapi adalah metoda yang bisa menjangkau bawah sadar dengan mudah, maka hipnoterapi menjadi alternatif untuk menyembuhkan masalah yang berhubungan dengan emosi atau pikiran.

Apa saja yang bisa dibantu dengan Hipnoterapi?

Banyak hal sebenarnya yang bisa dibantu dengan hipnoterapi, diantaranya adalah:

–          Cemas berlebihan (anxiety disorder)

–          Paranoid

–          Tidak percaya diri /minder/grogi

–          Insomnia

–          Depresi

–          Stress

–          Phobia

–          Tinnitus

–          Luka batin/sakit hati/patah hati

–          Trauma

–          Malu berlebihan

–          Sering menunda pekerjaan

–          Dll

 

Intinya adalah semua hal yang berbau dengan emosi dan pikiran

 

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

 

Jimmy K Santosa


Leave a Reply

Count per Day

  • 2725This post:
  • 112317Total reads:
  • 777Reads today:
  • 8893Reads per month:
  • 73200Total visitors:
  • 653Visitors today:
  • 6886Visitors per month:
  • 190Visitors per day:
  • 0Visitors currently online:
  • March 6, 2012Counter starts on:

Butuh layanan terapi, seminar, atau pelatihan? Hubungi saya